Sukses

Batuk Malam Hari, Alergi?

23 May 2017, 22:32 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok kenapa kalo setiap malam dan pagi tenggorokan terasa gatal sekali jadi batuk gak ada hentinya padahal sudah minum obat batuk

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Batuk-batuk berulang pada malam hari, terutama menjelang subuh dapat berupa tanda atau gejala asma. Pada bayi, umumnya batuk merupakan satu-satunya gejala asma yang ada. Ada anak yang mengalami batuk pada malam hari namun tidak pada siang hari. Ada juga anak yang batuk-batuk pada siang hari.

Penyebab pasti kenapa asma lebih berat ketika tidur tidak diketahui. Namun banyak penjelasan kemungkinan penyebab asma nokturnal ini. Faktor risiko yang berpengaruh antara lain, paparan terhadap alergen pada malam hari, suhu udara yang mendingin, posisi tidur, atau tidur itu sendiri (dan pengaruhnya terhadap fungsi bronkial).

Apakah selain batuk ada keluhan suara napas berbunyi 'ngik-ngik' (mengi) atau kesulitan bernapas? Apakah anak sering batuk atau flu berulang? Apakah ada paparan asap rokok atau bau-bau yang kuat? Apakah ada kontak dengan binatang peliharaan atau debu? Apakah gejala diperberat dengan menangis atau tertawa? Apakah ada riwayat alergi pada orang tua atau saudaranya?

Untuk memastikan diagnosis asma, sebaiknya bawa anak Ibu ke dokter anak. Sementara itu, pastikan tidak ada kontak dengan kemungkinan alergen seperti hewan peliharaan, asap rokok, dan debu. Hindari penggunaan tirai jendela (gorden) ataupun karpet, serta hindari adanya penumpukan barang dalam kamar.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Terima kasih.

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar