Sukses

Mengatasi Batuk Pilek pada Anak

23 May 2017, 21:06 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok anak saya baru berusia 13bln tgl 16 bln mei ini dia sudah hampir 3 minggu batuk pilek, sempat sembuh dulu tp karna ayahnya sakit jdi ketularam lagi dan skrg suka agak demam pada mlm hari dan barusan sehabis magrib saya ajak berenang air panas dan skrg dia mengigau dan seharian ini hanya makan nasi sedikit 3-4 sendok tapi susu dan cemilan lain lumayan masuk di makan sekrg keningnya terasa panas dan kaki,tangan dingin gimana itu dok ?? Terimakasih 😊

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Mengatasi Batuk Pilek pada Anak melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Untuk batuk berdahak pada anak, dapat menggunakan obat-obatan yang mengandung ambroksol, n-asetilsistein, atau guaifenesin/gliseril guaiakolat. Ketiga jenis kandungan ini aman bagi anak.

Selain menggunakan obat, batuk pilek dapat diatasi dengan obat-obatan tradisional yang telah terbukti dapat mengurangi peradangan yang terjadi, seperti jahe, madu (bila anak sudah di atas 1 tahun), kencur, omega-3 dan echinacea. (Baca: Cara Alami untuk Atasi Batuk dan Pilek Ringan pada Anak).

Bila batuk mengganggu tidur, Anda pun dapat melakukan cara-cara berikut:

Biarkan anak beristirahat.
Gunakan humidifier (pelembap udara) di kamar anak untuk memudahkannya bernapas dan rileks.
Jika anak tidur, tinggikan posisi kepalanya untuk memudahkannya bernapas sewaktu batuk melanda.
Jika anak terbangun saat batuk, berikan ia minuman hangat. Minuman hangat dapat mengencerkan lendir yang menempel di tenggorokan.
Semoga si kecil cepat sembuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mengatasi Batuk Pilek pada Anak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar