Sukses

Penyumbatan Pembuluh Darah Otak

23 May 2017, 20:53 WIB
Pria, 27 tahun.

Saya sering merasa pusing (cenut2 istilahnya) di kepala bagian belakang. Setelah CT Scan dan MRI, dokter mengatakan ada penyumbatan di otak. Lalu seorang saudara menyarankan untuk menjalani terapi setrum di Singapore. Apakah terapi ini aman dan efektif untuk penyumbatan yang saya derita? Terima kasih atas jawabannya.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan Anda dimana Anda menderita pusing dan pada pemeriksaan CT Scan brain ternyata ditemukan adanya penyumbatan didalam pembuluh darah diotak.

Menurut pendapat Kami, penanganan penyumbatan pembuluh darah diotak tergantung dari berat ringannya penyakit dan derajatnya sumbatan. Bila penyumbatan kurang dari 50% maka dilakukan dengan menggunakan obat-obatan anti trombus (menghancurkan sumbatan yang telah terjadi).

Sedangkan bila sumbatannya > 50% tindakan yang akan dilakukan yaitu melakukan operasi bedah mikro (micro surgery).

Micro Surgery yang dilakukan adalah suatu operasi penyambungan pembuluh darah dimaksud untuk mengambil pembuluh darah balik ditungkai (graft vena saphena magna). Sumbatan pembuluh darah di otak dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian besar yaitu:

Sumbatan pada aliran darah bagian depan (Anterior Circulation)
Sumbatan pada aliran darah bagian belakang (Posterior Circulation)
Sedangkan teknik penyambungan pembuluh darah (anastomose) dapat berupa end to end (ujung ke ujung) maupun end to side atau dengan penambahan graf yang biasanya diambil dari pembuluh darah balik di tungkai (Vena Saphena Magna).

Hal ini dilakukan untuk menghindari akibat penyumbatan pembuluh darah yang tidak diinginkan seperti stroke dimana orang menjadi lumpuh separuh badannya atau dapat juga terjadi kematian.

Saran Kami, sebaiknya Anda melanjutkan pengobatan Anda dan berkonsultasilah ke dokter Spesialis Bedah Saraf untuk dapat dievaluasi lebih lanjut. Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan.

0 Komentar

Belum ada komentar