Sukses

Kulit Bayi Mengelupas dan Berair

23 May 2017, 20:44 WIB
Wanita, 27 tahun.

Malam dokter.. Saya melahirkan diusia kehamilan 25 mggu 5 hari, sekarang udh 11 mggu 3 hari dedek dirawat di RS, berat lahirnya 900gram n skrg 1340gram, skrg dedek mengalami hb rendah dan lg ditrnfusi drh 2 kali, rencana besok mau di cek kembali, trs selain hb, trombosit nya jg rendah, apa ada pengaruhnya dengan kulitnya yg 2 hari ini jika trgesek sedikit dengan tangan kt akan mengakibatkan melepuh dan mengelupas, mengeluarkan cairan kuning n seperti luka bakar, apa ada pengaruh nya dgn hb n trombosit??

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Kulit Bayi Mengelupas dan Berair melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pada dasarnya bayi yang baru lahir akan mengalami adaptasi. Sebelumnya, tubuh bayi berada di dalam kandungan dengan kondisi yang lembab karena adanya air ketuban. Namun demikian, setelah lahir, kulit tubuh bayi terekspose dengan udara yang relatif lebih kering sehingga kulit bayipun harus beradaptasi. Sebagian bayi memang mengalami pergantian kulit setelah lahir karena proses adaptasi tersebut terutama jika kulit bayi sering berada dalam keadaan terbuka dan terpapar udara secara langsung. Namun demikian, perubahannya biasanya tidak sampai menimbulkan gejala bintik merah dan berair. Bisa jadi itu disebabkan oleh penyebab lain seperti alergi terhadap salah satu produk bayi, alergi susu, dan penyebab lainnya.

Untuk itu, kami menyarankan anda membawa bayi anda ke dokter spesialis anak. Dokter akan menilai terlebih dahulu apakah itu merupakan kondisi normal atau tidak. Jika tidak, dokter akan mencari apa penyebabnya dan bagaimana penanganan yang tepat untuk bayi anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kulit Bayi Mengelupas dan Berair. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar