Sukses

Gula Darah dan Kolesterol

23 May 2017, 20:26 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat malam. Saya mau tanya.ibu saya umur 60thn.mengalami gula darah rendah skitar 85mg.tetapi kolesterol y tinggi sekitar 155mg. Saya kasih asupan makanan yg mengandung gula seperti roti dan madu.makan nasi dan sayur apa yang saya lakukann sudah bner dok.terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Gula Darah dan Kolesterol melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Apakah ibu Anda memiliki riwayat diabetes dan menggunakan insulin? Apakah pemeriksaan gula darah dan kolesterol tersebut dilakukan secara puasa terlebih dahulu? 

Penentuan kadar gula darah normal dilihat dari kapan waktu pengukuran pengambilan darah, oleh karena itu terdapat nilai gula darah sewaktu (darah di ambil saat itu juga), saat puasa dan dua jam setelah makan. Berikut nilai normal masing-masing:

Kadar gula darah sewaktu: Perhitungan gula darah kapan saja. Nilai normal kurang dari 140 mg/dl.
Kadar gula darah puasa: Perhitungan gula darah yang dihitung saat puasa (delapan jam terakhir) dengan nilai normal kurang dari 100 mg/dl.
Kadar gula darah dua jam setelah makan: Perhitungan gula darah pada saat dua jam setelah makan dengan nilai normal kurang dari 140 mg/dl.

Pemeriksaan kadar gula darah yang normal adalah 70 - 100 mg/dl. Jadi sebetulnya kadar gula darah ibu Anda termasuk normal. Selain itu kadar kolesterol total yang normal (puasa) adalah kurang dari 200. Jadi kolesterol ibu Anda normal. Pola makan yang Anda berikan sudah baik. Anda bisa menambahkan juga buah - buahan dalam menu ibu Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Gula Darah dan Kolesterol. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar