Sukses

Kista di Payudara

23 May 2017, 19:26 WIB
Wanita, 44 tahun.

Sejak oktober 2015 sy tau bahwa ada kista di kedua payudara. Yang makin lama jumlahnya makin banyak. Bisa dokter jelaskan tingkat bahaya atau tidaknya hal tsb. Dan penyebabnya apa? Juga mohon saran dokter apa yg harus sy lakukan. Krn sejauh ini tdk ada tindakan yg diminta dokter juga tdk ada obat atau apapun yg diberikan. Terimakasih dokter atas keterangan yg bisa dokter berikan kepada saya.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar kista di payudara melalui fitur Tanya Dokter.

Jika sudah dipastikan dengan USG bahwa benjolan tersebut merupakan kista, maka ada dua kemungkinan , yaitu fibroadenoma dan fibrokistik.

Fibroadenoma
Jenis tumor jinak paling umum pada payudara adalah fibroadenoma. Keluhan yang muncul biasanya berupa benjolan dan rasa nyeri pada payudara. Biasanya terjadi pada mereka yang berusia 20-30 tahun.

Fibrokista
Jika benjolan dipengaruhi oleh siklus menstruasi, misalnya semakin besar saat menjelang menstruasi, kemungkinan penyebabnya adalah fibrokista. Benjolan tersebut berasal dari kelenjar susu yang semakin membesar dan membentuk kista

Kedua jenis ini tidak termasuk yang berbahaya, dan dapat hilang sendiri untuk fibrokista, untuk fibroadenoma, ada baiknya apabila dilakukan pengangkatan.Untuk fibrokista anda tidak perku khawatir.  Namun, Akan menjadi berbahaya apabila benjolan yang ada menjadi keras, terasa sakit, lengan menjadi bengkak, dan benjolan semakin lama semakin besar dan disertai dengan perubahan kulit disektiarnya. 


Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar kista di payudara. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar