Sukses

2 Gigi Susu Bagian Depan Tanggal Karena Jatuh

23 May 2017, 19:36 WIB
Pria, 28 tahun.

Selamat siang dok, mau tanya, saya memiliki anak usia 18 bulan..kemarin habis terjatuh dan gigi depannya tanggal 2 , setelah itu produksi air liur nya berlebih yg sebelumnya tidak pernah ngeces, yg saya tanyakan pengaruh pada gigi nya yg tanggal dan resiko pada air liur yg berlebih tsb... terima kasih

Terimakasih telah bertanya tentang 2 gigi susu bagian depan tanggal karena jatuh melalui fitur Tanya Dokter.

Trauma atau cedera pada gigi sulung ini bervariasi, dan biasanya mengenai gigi depan atas atau pun bawah. Gigi yang cedera bisa patah, berubah posisi, goyang, bahkan tanggal (avulsi). Ada beberapa kemungkinan perubahan posisi gigi pada saat terjadinya trauma, yaitu gigi terdesak masuk ke dalam soket gigi (intrusi), gigi terdorong keluar namun tidak lepas seluruhnya (ekstrusi) atau terdesak ke samping atau ke arah langit-langit (luksasi).

Apabila saat anak terjatuh di usia 2-3 tahun dan gigi susu depannya tanggal, gigi permanen penggantinya masih tetap dapat tumbuh selama benih giginya memang ada. Namun adanya trauma dapat menyebabkan gangguan pembentukan email gigi permanen. Salah satu manifestasinya adalah bercak-bercak putih yang baru akan terlihat setelah gigi permanen erupsi. Pada keadaan nornal, gigi susu depan akan tanggal dan digantikan gigi permanen saat anak berusia kurang lebih 6 tahun. Kondisi benih gigi permanen dapat dilihat dengan pemeriksaan foto rontgen. Cedera yang dialami gigi susu dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan gigi permanen penggantinya. Oleh karena itu, anda perlu memeriksakan anak ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis gigi anak secara berkala untuk follow-up dan mendeteksi dini jika terdapat kelainan. Selain itu anda bisa memastikan benih gigi tetap dibawahnya dengan melakukan rontgen panoramic.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai 2 gigi susu bagian depan tanggal karena jatuh, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar