Sukses

Haruskah Karies Gigi dan Gigi Berlubang Ditambal Semua?

23 May 2017, 19:14 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau bertanya saya memiliki gigi geraham berkaries dok hampir keseluruhan belum terlalu parah namun salah satunya sudah ada yang sudah berlubang. Apakah harus di tambal semua dok atau yang hanya berlubang?

Terimakasih telah bertanya tentang haruskah karies gigi dan gigi berlubang ditambal? melalui fitur Tanya Dokter.

Pada prinsipnya gigi yang berlubang jangan dibiarkan dan harus dilakukan perawatan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Perawatan pada gigi berlubang dilakukan tergantung dari kondisi lubang pada gigi itu sendiri seperti kedalam, letak, luasnya lubang serta gigi mana yang mengalami lubang tersebut dapat dilakukan dengan penambalan atau perawatan lainnya. Pada gigi yang berlubang dimana keadaannya sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan guna mempertahankan keberadaan dan fungsi gigi tersebut didalam rongga mulut maka pilihannya adalah pencabutan.

Resiko dari pembiaran gigi yang telah mengalami gangguan atau lubang adalah lubang dapat bertambah dalam dan gigi kemudian menjadi mati/nonvital. Selanjutnya bilamana gigi yang telah nonvital ini tetap dibiarkan maka dapat menimbulkan infeksi dan tempat masuknya kuman kedalam tubuh.

Pada keadaan yang Anda alami dimana gigi tersebut Anda katakan hampir berlubang dan belum terlalu parah maka sebaiknya periksakanlah keadaan ini ke dokter gigi untuk memastikan apakah gigi Anda tersebut memerlukan perawatan penambalan atau tidak. Bisa jadi anda cukup membutuhkan terapi remineralisasi untuk menangani karies dini.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai haruskah karies gigi dan gigi berlubang ditambal?, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar