Sukses

Pemilihan Metode KB yang Tepat

23 May 2017, 17:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya ingin ikut KB tapi saya bingung KB apa yang cocok untuk saya. Dulu saya pernah suntik 3 bulan waktu itu menstruasi terus selama 3 bulan terus saya ganti 1 bulan ternyata saya tambah gemuk

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar metode KB melalui fitur Tanya Dokter

Beberapa pilihan alat kontrasepsi yang bisa digunakan, yaitu pil KB, Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR/IUD), suntik KB, implan, dan metode konvensional (menghitung masa subur dengan sistem kalender). Pada usia di atas 35 tahun, seorang wanita tidak dianjurkan untuk hamil lagi karena tingginya risiko komplikasi kehamilan. Metode kontrasepsi pilihan adalah kontrasepsi mantap, atau yang sering disebut sterilisasi. Kontrasepsi mantap dapat berupa tubektomi untuk wanita atau vasektomi untuk pria. Selain metode ini, metode kontrasepsi seperti AKDR, suntik KB, pil KB, implan, dan metode konvensional juga tetap dapat digunakan walau tidak dianjurkan.

Metode KB juga bergantung dengan kebutuhan anda, apakah anda ingin memiliki anak lagi?memasuki usia berapakah anda sekarang? Hal-hal seperti itu perlu didiskusikan kembali dengan keluarga. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau membaca artikel kami mengenai jenis-jenis KB yang ada.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar metode KB, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar