Sukses

Denyut Jantung Tidak Normal

23 May 2017, 17:05 WIB
Pria, 26 tahun.

Hai Dok, saya mau tanya entah benar ada yang mengkhawatirkan atau kekhawatiran berlebihan saja terkadang suka merasakan detak jantung saya tiba2 tidak normal. Saya tidak tahu letak keluhannya di otot dada atau jantung. Saya sudah merasakan sejak SMP seperti ada rasa getaran tiba2. Seperti orang kaget. Cepat mungkin hanya 1 detik. Dulu bisa datang kapan saja, tetapi biasa ketika sedang diam. Tetapi, sejak 6 tahun terakhir, sejak mengalami gangguan kecemasan intensitas menjadi semakin sering. Mungkin dalam sebulan bisa 4 sampai 6 kali (dulu hanya 1 kali). Disamping itu tidak ada keluhan seperti dada sakit, sesak napas, dll. Kondisi fisik saya juga baik.

Halo! Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan denyut jantung tidak normal.

Gangguan denyut jantungdapat disebabkan oleh banyak penyebab, misalnya dari jantung, gangguan hormonal, makanan dan minuman (kopi), atau organ lain. Selain jantung berdebar dan berkeringat, apakah terdapat kondisi tangan sering tremor, nafsu makan meningkat namun berat badan turun, diare?

Kalau memang terdapat gejala seperti yang kami sebutkan di atas, kemungkinan Anda memiliki penyakit hipertiroid. Tiroid merupakan salah satu organ yang berada di bagian tengah leher (di bawah adam's apple) dan menghasilkan hormon yang banyak berfungsi mengatur sirkulasi di dalam tubuh. Hipertiroid adalah kondisi overproduksi hormon tiroid (T3 danT4) dan berakibat meningkatkan metabolisme tubuh dan saraf simpatis sehingga menimbulkan gejala yang Anda rasakan.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Kemungkinan Anda membutuhkan pemeriksaan laboratorium tambahan.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai denyut jantung tidak normal. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar