Sukses

Sakit Kepala Belakang yang Berat

23 May 2017, 17:04 WIB
Wanita, 20 tahun.

Salam dok. Saya perempuan berusia 20 tahun. Kegiatan saya hanya sebagai mahasiswa. Saya memang sering pusing dok sejak SMA. Mungkin karena saya suka stress dengan pelajaran saya. Tapi akhir akhir pusingnya mengganggu sekali karena rasanya kepala bagian atas berat, dahi sampai pangkal hidung terasa tertekan. Dan frekuensi saya terkena migrain entah kenapa meningkat sejak saya kuliah. Kepala rasanya melayang layang dan kadang disertai mual. Saya memang daily suka pilek setiap perubahan suhu yang mendadak dan saya memiliki mata minus. Kanan minus 7 dan kiri minus 4. Saya juga ada riwayat darah rendah. Kira-kira apa perlu sekali saya melakukan test di rumah sakit? Karena saya takut kalau di MRI, radiasinya tidak bagus untuk tubuh saya. Apa ada alternatif lain untuk menguranginya ya dok? Terimakasih.

Halo! Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter tentang sakit kepala belakang.

Bila Anda mengalami keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher atau kepala belakang, maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata, atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

1. Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian
2. Gangguan tidur
3. Posisi tubuh yang salah saat bekerja
4. Waktu makan yang tidak teratur
5. Kelelahan mata
6. Penghentian konsumsi kafein
TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol, ibuprofen, asam mefenamat, atau metampyrone yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri anda. 50% penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress. Bagaimana dengan Anda? Jika Anda perhatikan, faktor apa saja yang menjadi pemicu keluhan Anda untuk timbul?

Dengan menghindari faktor pencetus TTH, diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa nyeri dan membantu menghindari kejadian berulangnya keluhan yang Anda rasakan.

Demikian informasi tentang sakit kepala belakang ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar