Sukses

Solusi Kulit Kusam

23 May 2017, 15:38 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo, dok. Saya memiliki kulit kusam (seperti tumpukan daki) di area bawah dada hingga paha. Apakah ada suplemen untuk memperbaiki kulit kusam dan untuk meratakan warna kulit? Karena saya rasa perawatan dari luar kurang cukup dan memakan waktu yang lama. Terimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Solusi Kulit Kusam melalui fitur Tanya Dokter.

Setiap orang terlahir dengan jenis kulit dan warna kulit yang berbeda. Genetik tentunya memiliki peran yang cukup besar dalam hal ini. Beberapa orang terlahir dengan warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang hingga hitam. Semuanya ditentukan oleh sebuah sel yang disebut sebagai melanin. Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis tidak disarankan untuk melakukan pemutihan badan dengan cara menghambat aktivitas melanin, karena sebenarnya melanin mempunyai kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Hal yang diperkenankan hanyalan menghindari kulit kusam, sehingga kulit terlihat sehat dan cerah.

Kulit yang sehat adalah kulit yang halus, tidak memiliki benjolan seperti jerawat ataupun keriput, dengan warna yang rata tanpa ada bintik gelap, tidak kering karena terhidrasi dengan cukup, serta memiliki sensasi dan sensitivitas normal.

Sinar matahari yang sehari-hari selalu mengenai tubuh kita memancarkan radiasi. Radiasi dari paparan sinar matahari berupa sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet B lebih berbahaya daripada sinar ultraviolet A. Upaya pertahanan dari kulit kita terhadap paparan radiasi tersebut berupa terjadinya pembentukan pigmen atau melanin oleh sel pembentuk pigmen di kulit, yaitu melanosit. Jika terjadi paparan yang berlebihan dapat timbul bercak-bercak hitam pada kulit, kemerahan seperti terbakar, atau jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dapat terjadi kanker kulit.

Untuk mengatasi keluhan Anda dapat dilakukan beberapa cara mulai dengan tindakan mikrodermabrasi, pemakaian krim hingga tindakan laser. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Solusi Kulit Kusam. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar