Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Penggunaan Postinor

23 May 2017, 15:04 WIB
Wanita, 36 tahun.

Siang dok, saya senggama tgl 14 mei jam 15.00 dan jarak 18 jam setelahnya tepatnya tgl 15 mei jam 09.00 saya minum postinor2 dgn cara minum 2 skaligus. Perkiraan masa ovulasi saya tgl 15 mei. Pertanyaan saya 1. Apakah efektif says minum postinor2 utk mencegah kehamilan? 2. Apakah jarak 18 jam sebelum minum postinor2 bisa terjadi pembuahan? 3. Bagaimana cara kerja postinor2?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Penggunaan Postinor melalui fitur Tanya Dokter.

Kandungan aktif yang terdapat pada Postinor-2 adalah Levonorgestrel. Kami akan sedikit menjelaskan tentang Levonorgestrel.

Levonorgestrel biasa digunakan sebagai alat kontrasepsi darurat. Cara kerjanya, adalah dengan mencegah pelepasan sel telur dari ovarium (secara sengaja mengganggu siklus menstruasi atau masa subur) atau menghambat fertilisasi sel telur oleh sperma. Levonorgestrel juga dapat mengubah ketebalan dinding rahim untuk mengecilkan kemungkinan terjadinya kehamilan.

Sesuai indikasi medis dan anjuran dokter, obat ini relatif aman digunakan, meskipun memiliki beberapa efek samping selama penggunaan seperti mual muntah, sakit kepala, diare, dan gangguan menstruasi.

Penggunaannya hanya efektif jika digunakan dalam 72 jam sesudah berhubungan seksual tanpa perlindungan.  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penggunaan Postinor. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar