Sukses

Cara Mengatasi Kencing Tersendat

23 May 2017, 14:11 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok makanan dan minuman apa yang bagus buat nyembuhkan kencing tersendat-sendat

Terima kasih telah menanyakan tentang kencing tersendat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan merasa kencing tidak tuntas, dan tersendat bisa menjadi tanda dari beberapa kelainan seperti pembesaran prostat atau infeksi saluran kencing. Gejala infeksi saluran kencing berupa nyeri saat BAK, anyang-anyangan (kencing sedikit-sedikit), nyeri perut bagian bawah, bisa disertai demam. Apakah keluhan lain tersebut juga dirasakan?
Keluhan berhubungan pembesaran prostat umumnya terjadi pada mereka dengan usia diatas 50 tahun. Prostat bukanlah suatu nama penyakit namun adalah nama sebuah bagian organ tubuh yakni berupa kelenjar yang terdapat khusus pada pria. Letaknya terletak di bawah kandung kemih. Fungsi dari prostat adalah untuk memberi nutrisi pada sperma. Masalah yang dapat terjadi pada kelenjar prostat adalah pembesaran prostat jinak dan kanker prostat.

Penanganan masalah prostat bergantung pada penyebabnya. Pembesaran prostat pada pria merupakan hal yang wajar dan lumrah terjadi, terutama pada usia menjelang 50 tahun. Sepanjang umurnya, prostat pria akan terus mengalami pembesaran dan pada beberapa pria, pembesaran tersebut terjadi hingga menyumbat saluran kencing. Hingga saat ini mekanisme pastinya belum ditemukan namun diduga karena perubahan keseimbangan hormon seiring dengan bertambahnya usia pria.

Jika telah terjadi pembesaran prostat pada pria maka penanganan yang dapat diberikan dokter adalah pemberian obat atau operasi. Obat diberikan jika gejala masih ringan dan pembesaran tidak terlalu besar, namun jika gejala sudah cukup parah, mengganggu kualitas hidup dan pembesaran prostat cukup besar maka dokter akan menganjurkan untuk operasi.

Namun jika Anda juga memiliki keluhan lainnya seperti nyeri kencing atau terasa demam, diagnosis infeksi saluran kencing belum dapat disingkirkan. Diagnosis pasti dapat ditegakkan hanya dengan pemeriksaan dokter, jadi coba periksakan diri Anda ke dokter.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai kencing tersendat. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar