Sukses

Tahu Tempe Sebabkan Asam Urat?

23 May 2017, 14:11 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok apa benar mengkomsumsi sering Tahu dan Tempe bisa menyebabkan asam urat? Gimana cara mencegah agar tidak terkena asam urat Makasih Dok

Terima kasih telah bertanya tentang asam urat melalui fitur Tanya Dokter.

Asam urat yang tinggi dapat disebabkan karena pengaruh makanan, obat-obatan, atau gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh. Asam urat yang tinggi bisa tidak bergejala, namun secara jangka panjang dapat mengganggu ginjal dan sendi.

Untuk memastikan kadar asam urat tinggi, Anda perlu melakukan pemeriksaan laboratorium yang didahului dengan puasa dahulu semalam sebelum pemeriksaan di pagi hari. Pemeriksaan asam urat dengan stik bisa dilakukan untuk skrining. Namun untuk hasil yang optimal, Anda sebaiknya berpuasa setidaknya 4 jam sebelum pemeriksaan.

Untuk mengatasi asam urat tinggi, berikut ini hal yang perlu dilakukan:
1. Pembatasan konsumsi zat purin sebagai obat asam urat dikhususkan bagi penderita gangguan asam urat. Dimana sedikit banyak gangguan tersebut juga dipengaruhi oleh faktor gaya hidup dan pola makan. Diet rendah purin bertujuan untuk mengurangi makanan yang kaya akan kandungan purin yaitu makanan yang tinggi lemak seperti daging sapi, daging kambing. Tahu tempe juga mengandng purin tapi jumlahnya tidak banyak seperti daging berlemak.

2. Guna membantu pengeluaran kelebihan asam urat serta mencegah pengendapan asam urat pada ginjal cobalah untuk meminum sedikitnya 2 hingga 3 liter/hari.

3. Hindari mengonsumsi alkohol karena kandungan alkohol dapat menjadi penghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai asam urat. Semoga bermanfaat.

 

1 Komentar