Sukses

Cara Penularan TBC

23 May 2017, 14:00 WIB
Pria, 35 tahun.

Apakah wanita pengidap TB MDR dapat menularkan penyakitnya apabila ia melakukan oral sex kepada suaminya? Terimakasih dokter

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Cara Penularan TBC melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyebar luas dan menyerang seluruh organ tubuh, seperti paru-paru, otak, tulang, rahim, ovarium (indung telur), testis, dll. Penyakit ini dapat menular melalui droplet mengandung kuman tuberkulosis, yang dikeluarkan oleh penderita tuberkulosis paru ke udara terutama saat batuk dan bersin. Orang yang menderita TBC paru menularkan TBC melalui droplet yang dihasilkannya saat batuk/bersin/berbicara dan jika terhirup oleh orang di sekitarnya maka mampu menyebarkan kuman penyakit kepada orang tersebut. Berjabat tangan pada penderita TBC tentu saja dibolehkan, namun demikian Anda harus mencuci tangan Anda setelah berjabat tangan, karena media penularan TBC tidak hanya melalui udara melainkan juga melalui cairan seperti tetes ludah dan luka di kulit. Jadi jika terdapat luka pada penis maka bisa saja penularan TBC terjadi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Penularan TBC. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar