Sukses

Puting payudara pecah-pecah, apa ya penyebabnya?

23 May 2017, 13:05 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, sodara saya berusia 20 thn dan belum menikah. Dia mengeluh tentang puting payudaranya yg pecah-pecah. Katanya banyak. Kadang pecahan pada putingnya mengelupas namun tumbuh kembali. Putingnya kering dan kondisi tubuhnya mudah berkeringat. Kadang putingnya terasa ngilu dan gatal. Sudah seperti itu selama 2 tahun, Apaka berbahaya? Bagaimana cara mengobatinya? Jika harus berkonsultasi, harus ke dokter spesialis apa? Berapa lama waktu untuk sembuh?

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar puting payudara pecah ini melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Apakah bentuk puting terbelah ini terdapat pada kedua payudara Anda atau hanya pada satu payudara? Apakah selain puting terbelah dan masuk ke dalam terdapat keluhan lain pada payudara anda? seperti keluar cairan, benjolan, gatal/nyeri, kulit payudara tertarik ke dalam, dsb? Apakah terdapat kelainan pada bentuk payudara anda? Apakah puting susu/payudara anda pernah terluka sebelumnya?

Apabila tidak terdapat keluhan/kelainan lain, maka Saya menduga bahwa bentuk puting Anda hanyalah merupakan salah satu variasi normal dari bentuk puting susu pada payudara wanita. Variasi normal bentuk puting susu pada payudara wanita umumnya tidak mengganggu fungsi menyusui. Apabila pada saatnya nanti Anda akan menyusui dan puting Anda masih tenggelam, dapat dilakukan penarikan secara perlahan dengan tangan agar puting Anda keluar.

Untuk mengetahui dengan pasti apakah bentuk puting susu Anda dapat berubah harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Tindakan yang umumnya dilakukan untuk merubah bentuk puting susu adalah dengan cara operasi.

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, namun sebaiknya diperiksakan ke dokter. Karena takutnya ini merupakan pertanda awal bagi penyakit lainnya. Sebaiknya diperiksakan ke dokter Obsgyn / dokter kulit ya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar puting payudara pecah. Semoga bermanfaat.
Salam sehat

    0 Komentar

    Belum ada komentar