Sukses

Perut Kembung Setelah Operasi Caesar

23 May 2017, 12:36 WIB
Pria, 33 tahun.

Siang dokter..sy mau menanyakan udh 3 hr ini adik saya habis operasi caesar anak keduanya.tp smp skrg perutnya msh drasa kembung dan susah untuk buang air.kira2 penyebabnya apa?dan tindakan apa yg hrs dlakukan?apa hrs periksa kdokter lg..terima kasih

Terimakasih atas telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan perut kembung setelah operasi.

Apakah ada gejala lain seperti nyeri perut, demam, mual, muntah, perut tegang, dll? Bagaiman dengan luka pasca operasinya, apakah masih berdarah, ada nanah, bengkak, merah?

Sebetulnya diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk mencari tahu penyebabnya. Namun jika Anda tidak mengalami hal diatas maka tidak perlu khawatir. Pasca operasi perut mungkin akan terasa masih kembung. Namun jika perut kembung disertai salah satu gejala di atas maka Anda perlu waspada dan segera periksakan diri ke dokter Anda.

Kembung setelah operasi harusnya berakhir dalam 24 jam setelah operasi.

Proses penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka.

Waktu penyembuhan yang diperlukan setelah operasi di daerah perut juga bergantung pada prosedur, pemenuhan nutrisi, dan faktor psikologis setiap individu. Dalam jangka waktu bulan seharusnya luka operasi baik di kulit maupun di dalam sudah sembuh dan tidak ada pantangan makanan. Minumlah cairan dalam jumlah yang banyak (> 2 liter per hari).

Untuk menilai apakah proses penyembuhan luka berlangsung baik, tidak ada komplikasi, dan menentukan penyebab benjolan di ujung jahitan diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Maka dari itu sebaiknya periksakan ke dokter spesialis bedah untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang perut kembung setelah operasi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar