Sukses

Cara Mengajari Bayi Berenang

23 May 2017, 11:15 WIB
Pria, 32 tahun.

Ass dok ank sy umur 11 bln blh kah renang lgsg di msukn k dlm air tnp mnggunakn pelampung leher...byk sy lht youtub byi brenang tnp plampung lgsg ditnggelamkan spt itu..trimksh

Terima kasih telah menanyakan tentang cara mengajari bayi berenang melalui fitur Tanya Dokter.

Mengajari bayi berenang sebaiknya dimulai saat usia 4-7 bulan. Kemampuannya untuk segera manarik napas sebelum menyentuh air belum hilang (reflek akuatik). Usia ini pas juga untuk melatih koordinasi gerakan otot-otot tubuhnya.

Gunakan waktu mandi untuk memperkenalkan bayi kepada air. Bawa beberapa mainan kesukaannya yang bisa dipakai di dalam air dan bermainlah bersamanya, agar bayi merasa enjoy dan nyaman lama berada di dalam air.

Sebaiknya Anda jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri. Mulailah dengan mengajaknya bermain dulu di pinggir kolam. Biarkan bayi Anda menikmati cipratan-cipratan air di tubuhnya. Sehingga keberaniannya sedikit demi sedikit timbul. Begitu dia sudah mulai menikmatinya, pelan-pelan gendong masuk ke dalam kolam renang, biarkan dia tetap dekat dengan Anda sehingga dia tetap merasa aman. Ajak dia bermain air sambil bernyanyi. Ciptakan suasana se-rileks mungkin. Lakukan beberapa kreatifitas gerakan yang menyenangkan, sehingga dia pun betah berada di kolam renang. Jika sudah mulai nyaman dan akrab dengan air, barulah ajari dia berenang.

Demikian penjelasan tentang cara mengajari bayi berenang. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar