Sukses

Nyeri Bekas Luka Operasi

23 May 2017, 11:31 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok...saya mempunyai bekas operasi di ketiak, seketika bekas operasi itu sakit nyer nyer begitu, itu kenapa dok? Seumpamanya harus di periksa lagi, ke dokter spealis apa? Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri bekas luka operasi melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Luka operasi memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Proses penyembuhan luka operasi sesar sendiri dapat memakan waktu antara 3-6 bulan, namun pada sebagian orang dapat memakan waktu yang lebih singkat.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Namun jika bekas luka operasi Anda sudah menutup semua, tidak ada infeksi dan tidak ada komplikasi keadaan luka maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

Mengenai nyeri yang Anda rasakan, berapa derajat nyeri yang rasakan dari skala 1-10? Umumnya, luka jahitan operasi terasa nyeri bila Anda melakukan aktivitas tertentu yang mengakibatkan peregangan pada daerh sekitar luka operasi dan peningkatan tekanan di dalam perut, dan bukan disebabkan oleh makanan tertentu seperti yang Anda maksud. Selama masa penyembuhan, Anda tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan mengejan sehingga tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Daerah bekas luka operasi perlu dijaga tetap kering dan bersih.

Jika nyeri yang dirasakan sangat menganggu sebaiknya, selain Anda memeriksakan luka operasi Anda ke dokter untuk memastikan, mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri, Anda juga perlu menenangkan dan meyakinkan diri Anda bahwa luka operasi Anda sudah menutup dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Nyeri jenis ini seringkali dapat diatas dengan konseling dan mengubah cara pikir.

Bila dirasa sangat mengganggu aktivitas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk menilai kondisi bekas luka operasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai nyeri bekas luka operasi. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar