Sukses

Dosis Vitamin Untuk Ibu Hamil

22 May 2017, 21:52 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dokter saya ingin bertanya, istri saya sedang hamil. Saat ini istri saya rajin meminum vitamin c 500 mg dan vitamin e 400 IU, apakah itu dosis yg tepat utk ibu hamil? Klo tidak brp dosis yg tepat jika kita ingin meminum vitamin c dan e. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang dosis vitamin untuk ibu hamil menggunakan Fitur Tanya Dokter. 

Vitamin E pada dasarnya berperan sebagai pendukung antioksidan. Antioksidan berperan penting untuk membantu tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas. Setiap harinya, kita terpapar oleh berbagai radikal bebas, mulai dari polutan, asap rokok serta racun-racun lain yang seiring waktu akan membahayakan bagi kesehatan.

Antioksidan akan membantu melawan radikal bebas ini sehingga kita terbebas dari penyakit. Selain itu, antioksidan bisa membantu memerangi kanker dan penyakit kardiovaskular, 2 masalah kesehatan yang paling banyak diderita. Di samping itu, vitamin E membantu menyehatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu proses perbaikan DNA.

Dosis yang dapat dikonsumsi adalah 100 hingga 200 IU per hari, karena penelitian jangka panjang menunjukkan tidak ada manfaat tambahan dari asupan melebihi jumlah tersebut. Asupan vitamin E Anda tidak lebih dari 1.000 miligram (1.500 IU) per hari. Hal ini untuk mencegah keracunan.

Vitamin E sebagian besar terdapat pada kacang-kacangan, minyak dan sayuran hijau.

Vitamin C yang didapatkan dalam makanan merupakan hal yang aman. Namun mengenai suplemen atau minuman vitamin c dalam kehamilan belum ada bukti mengenai efek yang dapat ditimbulkan ataupun keuntungannya. Dosis aman adalah 85 mg per hari, namun hingga dosis 2000 mg masih dapat dianggap aman.

Demikian penjelasan tentang dosis vitamin untuk ibu hamil yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar