Sukses

BAB Bayi Berwarna Hijau

23 May 2017, 11:52 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok anak saya berusia 9bulan , sdh bbrapa hari ino pun agak encer dan berwarna hijau disertai lendir .. Jika memakan wortel atau pepaya seperti tdak bisa di cerna jd kalau pas pup kaya masih besar besar keluarnya .. Sehari bisa sampai 4kali pup tp sdikit sdikit ,Sdh saya evaluasi makanan nya tdak ada yg aneh dok .. Anak saya asi namun cuma sbentar sbentar tdk mau lama mnum nya .. Td nya masih kuning trus kaya ada yg kuning pucat jg tp skrg sdh hijau terang warna fassesnya . Anak saya aktif dok tdk rewel, nafsu makan baik dan tdak muntah cuma mmg kadang anget tp dicek suhu normal .. Jika ada tanda apa dok saya hrus cek lab ? Mksh dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang BAB Bayi Berwarna Hijau melalui fitur Tanya Dokter.

Feses yang berubah menjadi hijau dapat terjadi karena bayi Anda hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak. Lemak biasanya didapatkan oleh bayi dari ASI. Namun bukan berarti semua ASI yang diberikan pasti tinggi lemak. Dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilk) dan ASI belakang (hindmilk).

Saat bayi menyusu, ia akan selalu menghisap ASI depan terlebih dahulu. ASI depan (foremilk) memiliki banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sementara ASI belakang (hindmilk) mengandung banyak lemak. Pada bayi yang diberikan ASI eksklusif, feses yang keluar akan didominasi warna kuning/golden feces, dan warna tersebut normal. Warna kuning ini berasal dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu.

Pada anak yang diberikan makanan lain selain ASI, seperti bayi Anda, menyebabkan terjadinya perubahan pada proses pencernaan dan akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga menyebabkan terbentuknya gas yang terlalu banyak sehingga bayi sering kentut dan merasa tidak nyaman. Namun jika feses hijau hanya sedikit dan tidak keseluruhan, bisa saja hal tersebut adalah berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

Kami sarankan Anda kembali mengunjungi Dokter Spesialis Anak Anda untuk mengkonsultasikan hal ini jika keluhan dirasa semakin mengkhawatirkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang BAB Bayi Berwarna Hijau. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar