Sukses

TB Paru dan Kehamilan

23 May 2017, 09:33 WIB
Pria, 24 tahun.

Asw. Siang dok. Saya sedang hamil 11w, dan udah 3 minggu ini sy baru menyelesaikan obat rutin tb paru selama 6bulan, dan dinyatakan sembuh. Dan sekarang sy kena flu+batuk kering, gatal di tenggorokan mmbuat sy jdi sakit dada, apakah tb paru saya kambuh lagi dok? karena pas trakhir pngobatan sy hanya di tes darah/ tidak tes rongent...lalu saya harus gimana ya dok..terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang TB Paru dan Kehamilan melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pengobatan TB paru umumnya berlangsung selama 6 bulan. Setelah menyelesaikan pengobatan, pasien akan dilakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan apakah TB sudah benar-benar sembuh, selain tentunya lewat gejala klinis yang berkurang (batuk yang reda). Apabila Anda telah menyelesaikan pengobatan TB dan dinyatakan sembuh oleh dokter serta tidak merasa ada gejala lagi, maka dapat dikatakan Anda sudah sembuh dari TB paru. 

Gejala flu, batuk kering, gatal di tenggorokan yang Anda rasakan saat ini bisa jadi merupakan infeksi saluran pernapasan yang biasanya disebabkan oleh virus. Bila memang penyebabnya adalah virus, maka akan sembuh sendiri (self limiting). Akan tetapi, bila disebabkan oleh bakteri, perlu diberikan antibiotik yang pemberiannya diatur oleh dokter. 

Saran kami, periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan kondisi Anda. Jangan lupa untuk memberitahu dokter bahwa Anda sedang hamil dan baru saja menyelesaikan pengobatan TB paru agar menjadi pertimbangan khusus untuk dokter Anda. Sementara itu hindari konsumsi obat-obatan sembarangan untuk keamanan terhadap janin Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai TB paru dan kehamilan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar