Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Umur Pubertas Laki-Laki

22 May 2017, 21:51 WIB
Wanita, 15 tahun.

Umur saya sufah 15thn tapi kenapa saya belum baligh dan ndak pernah keluar sperma dan juga belum pernah mimpi basah

Terima kasih telah bertanya tentang umur pubertas laki-laki menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Pada umumnya seorang laki-laki mulai mengalami mimpi basah pada usia sekitar 13-16 tahun. Pada usia 17-18 tahun, 2/3 laki-laki akan mengalami mimpi basah. Mimpi basah sendiri adalah suatu fenomena kedewasaan laki-laki.

Mimpi basah sering dialami oleh remaja laki-laki, yang sekaligus menjadi tanda bahwa ia telah memasuki masa pubertas. Hal ini bisa berupa mimpi yang erotis atau tidak, tergantung dari yang mengalami mimpi itu sendiri. Mimpi basah berfungsi sebagai katup pengaman fisiologis ketegangan seksual. Hal tersebut dicetuskan karena mimpi basah tejadi pada sebagian besar laki-laki lajang; setelah seorang laki-laki menikah (dan mungkin menemukan saluran yang tetap dan memuaskan bagi hasrat badaninya) mimpi basah tersebut biasanya berhenti.

Mimpi basah, secara bertahap akan berkurang frekuensinya pada saat seorang laki-laki berusia dua puluh tahunan dan hanya kadang-kadang saja terjadi pada usia tiga puluhan dan hampir tidak terjadi lagi pada usia empat puluhan.

Apakah terjadi perubahan ukuran penis dan biji pelir/testis pada diri Anda? Bila tidak, bisa jadi ada gangguan hormon yang mendasari keluhan Anda. Namun bila iya, kemungkinan kondisi ini tidak perlu Anda khawatirkan, ingat bahwa 2/3 laki-laki baru mengalami mimpi ini pada usia 17-18 tahun. Untuk pertumbuhan sendiri, biasanya masih bisa berlanjut hingga usia 25 tahun.

Jika Anda belum mengalami perubahan seperti yang kami sebutkan di atas, kami menyarankan Anda pergi berobat ke dokter spesialis Andrologi untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi tentang umur pubertas laki-laki ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar