Sukses

Gatal Setelah Minum Obat

23 May 2017, 09:35 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat siang dokter, mau tanya. Beberapa hari lalu saya mengalami radang tenggorokan saya pergi ke klinik untuk berobat, setelah pulang dari klinik saya minum obat setelah makan seperti yang di anjurkan. Tidak terlalu lama saya merasakan gatal di sekujur tubuh, saya kiraa itu hanya sepele. Mlm nya saya minum obat lagi, dan tidak terlalu lama saya merasakan gatal lagi. Ke esokan harinya saya tidak meminum obat tersebut, tapi saya masih merasakan gatal bercampur panas. Akhirnya saya bawa ke klinik yg sama tetapi berbeda dokternya. Saya diberi obat untuk pereda gatal, anehnya Saya sebelumnya tidak memiliki riwayat alergi obat. Sekarang gatalnya sudah hilang, tenggorokan pun sudah mulai membaik tapi ada masalah baru, terdapat seperti benjolan atau pembengkakan di leher saya sebelah kanan. Rasanya untuk menelan makanan susah, untuk menoleh pun juga susah. Ketika di pegang rasanya sakit, kira" itu kenapa dok. Apa efeknya nanti di kemudian hari akan buruk. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang gatal setelah minum obat melalui fitur Tanya Dokter. 

Gejala yang Anda alami dapat merupakan reaksi alergi terhadap obat-obat yang Anda minum. Terlebih jika keluhan gatal bentol dirasakan setelah meminum obat. Terdapat beberapa gambaran klinis yang berbeda dan penanganan yang berbeda. Sebelum kita berdiskusi lebih jauh, izinkan kami untuk mengajukan beberapa pertanyaan kembali:

  • Apakah terdapat lesi kemerahan yang menimbul selain rasa gatal?
  • Apakah terdapat demam?

Jika iya, maka sebaiknya Anda menghentikan semua obat-obatan terlebih dahulu lalu kembali melakukan kunjungan ke dokter yang menangani Anda. Setelah gejala hilang, obat-obat tersebut dapat dicoba diberikan kembali dimulai dengan dosis yang kecil di bawah pengawasan dokter. Bila terdapat gejala flushing dan gatal dengan atau tanpa lesi (biasanya) di wajah yang tidak berat, gejala dapat hilang sendiri. Yang perlu diwaspadai jika ada gejala berupa sesak nafas yang mengharuskan kontrol ke dokter secepatnya.

Sulit untuk menentukan diagnosis yang dialami oleh Anda karena kelainan kulit perlu dilihat secara langsung. Oleh karena itu kami menyarankan Anda kembali ke dokter yang menangani Anda untuk memastikan apakah benar keluhan yang Anda alami merupakan reaksi alergi obat tersebut. kami tidak dapat memberikan obat melalui forum ini, karena untuk emmberikan obat memerlukan diagnosis, dimana diagnosis memerlukan pemeriksaan langsung dokter. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gatal setelah minum obat. Semoga bermanfaat. Salam.

 

0 Komentar

Belum ada komentar