Sukses

Pembengkakan Hati

23 May 2017, 09:35 WIB
Pria, 21 tahun.

Assalamualaikum wr.wb. Dok, aku ani , sdah 2 minggu sy menderita demam tinggi, sakit tenggorokan, sakit pada bagian persendian dan sakit kepala.. Pas di periksa dokter katanya sy menderita pembengkakan pada hati. Udah minum jga obat dari dokter tapi tdk kunjung sembuh, dok, kira-kira gimna pencegahannya?? Sy takut nanti semakin parah.. Sekian dok. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang pembengkakan hati melalui fitur Tanya Dokter. 

Sayang sekali informasi yang Anda berikan sangat tidak lengkap sehingga sulit bagi kami untuk memberikan penjelasan. Pembengkakan hati dapat disebabkan oleh bermacam hal seperti misalnya perlemakan hati, peradangan, infeksi, atau pembendungan.

Perlu diketahui juga jenis kelamin, usia, berat badan dari teman Anda. Bagaimana dengan riwayat kesehatannya, apakah memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit gula darah, seorang alkoholik, merokok?

Jika yang dimaksudkan adalah pembengkakan hati karena perlemakan hati, stadium 2, maka kondisi ini sudah termasuk dalam keadaan yang cukup agresif. Sel-sel hati sudah mengalami peradangan dan proses perusakan hati karena peradangan sudah mulai berjalan. Biasanya pasien akan merasakan sakit di bagian perut kanan atas.

Untuk mengatasinya maka perlu diketahui faktor penyebabnya. Penyakit ini dapat ditangani dengan perubahan pola hidup sehingga mengurangi pembentukan sel lemak di dalam hati. Jika terdapat masalah dengan kolesterol dalam darah, tekanan darah dan kadar gula darah dalam tubuh maka harus segera ditangani dengan pemberian obat agar masalah kesehatan terkontrol.

Olahraga dan penurunan berat badan harus dilakukan. Selain itu, merokok harus dihentikan. Dengan demikian, penyakit tidak akan berlanjut ke stadium yang lebih lanjut yaitu: stadium 3 (fibrosis, di mana sel-sel hati menjadi jaringan parut ) dan stadium 4 (sirosis, di mana hati telah mengalami kerusakan total dan menciut).

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pembengkakan hati. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar