Sukses

Penularan Infeksi Hepatitis C

23 May 2017, 08:57 WIB
Pria, 41 tahun.

Kepada Yth pengelola klik Dokter saya adalah pendonor aktif yang sudah 11 kali melakukan donor darah pas mau donor yang terakhir tanggal 7 mei 2017 ditolak karena diduga 2 donor saya yang terakhir hasil hcvnya reaktif lalu saat itu petugas pmi mengambil sampel darah saya untuk diperiksa ulang dan saya mendapat konfirmasi sebagai berikut :pemeriksaan uji saring HPV dengan metode elina : hasil pemeriksaan : REAKTIF (8 mei 2016). Hasil pemeriksaan ulang oleh PMI : NON REAKTIF (9 Mei 2017) yang ingin saya tanyakan apakah saya ada indikasi terkena hepatitis C . Dan kenapa hasil pemeriksaannya berbeda? Terima Kasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar infeksi hepatitis C melalui fitur Tanya Dokter.

Diagnosis pasti dari infeksi HPV adalah melalui pengambilan sampel langsung dari jaringan yang dicurigai memiliki virus HPV, misalnya pada wanita yaitu adalah bagian serviks, atau leher rahim. Pada pria yang paling sering adalah pada daerah anogenital, atao sekitar kelamin dan anus. Perbedaan hasil lab dapat dipengaruhi berbagai hal dimulai dari alat yang digunakan, reagant yang dipakai, keterampilan pemeriksa, dan sample handling. Mungkin ada baiknya apabila anda memeriksakan lagi di klinik laboratroium atau di rumah sakit.

Faktor risiko penularan hepatitis C adalah :

- Penerima donor darah, transplan organ, atau pasien hemodialisa

- pengguna jarum suntik (narkoba)

- petugas medis (pada kasus tertusuk jarum suntik)

- Lahir dari ibu dengan HCV positif

Selain itu, infeksi Hepatitis C dapat ditularkan melalui hubungan seksual, berbagi barang pribadi seperti pisau cukur,  atau sikat gigi dengan orang lain. Apabila anda memiliki salah satu faktor risiko seperti yang saya sebutkan, ada baiknya anda memeriksakan darah anda untuk anti-HCV dan berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam.


Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar. infeksi hepatitis c, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar