Sukses

Batuk Darah dan Sebabnya

23 May 2017, 05:43 WIB
Pria, 23 tahun.

keluar darah saat batuk dok,tapi itu cuma sekali2 dok,,saat keluar darah agak sesak nafas saya,,tapi yg saya rasain nggak ada apa2 dok,,tenggorokan nggak sakit,,dan dada jga nggak ada yang sakit,,tpi saya sangat kwatir dngan penyakit saya ini dok,,ntah dari mana asal darah ini dok,,

Terima kasih telah bertanya mengenai batuk darah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Dari cerita Anda perlu diketahui lebih mendalam darah yang keluar akibat batuk atau bukan (batuk berdarah) atau keluar dari saluran cerna (kerongkongan). Terjadinya pada waktu kapan dan apakah disertai oleh gejala lain?

Batuk berdarah atau yang disebut juga dengan hemoptisis, berasal dari saluran napas/paru-paru. Biasanya darah yang dari paru disertai gelembung udara dan lendir serta berwarna merah terang/segar. Batuk berdarah ini bisa disebabkan oleh infeksi paru, yaitu tuberkulosis/flek paru (paling sering), pneumonia, bronkitis, kanker paru, trauma, gagal jantung, maupun penyakit autoimun.

Batuk darah berbeda dengan perdarahan dari saluran cerna (kerongkongan/lambung). Umumnya perdarahan dari saluran cerna jika keluar melalui mulut akan berwarna merah kehitaman seperti kopi. 

Untuk memastikan yang Anda alami benar batuk darah atau tidak, perlu pemeriksaan langsung oleh dokter. Dan bila ternyata sumbernya berasal dari paru, perlu pemeriksaan foto rontgen dada dan pemeriksaan darah serta dahak untuk memastikan penyebabnya. Saran kami saat ini segera periksakan ke dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar