Sukses

Ingin Hamil Lagi Setelah Keguguran

23 May 2017, 05:42 WIB
Pria, 20 tahun.

Ass dok sya pengen tanya dok .siap ke guguran supya mau hamil lagi dok biar kondisi rahim nya kuat .gmna ya dok

Terimakasih telah bertanya mengenai hamil pasca keguguran melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin akan kondisi Anda.

Keguguran ialah keluarnya janin sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Seringkali keguguran disebabkan karena janin tidak bisa bertahan hidup akibat adanya kelainan kromosom atau genetik. Pada sebagian kasus, bisa disebabkan karena insufisiensi serviks (atau sering disebut kandungan lemah) yang perlu dibuktikan dulu melalui pemeriksaan dokter.

Dalam kasus Anda, apakah Anda sudah memeriksakan kandungan Anda ketika keguguran terjadi? Untuk memastikan tidak ada sisa jaringan lagi?

Jika tidak ada sisa jaringan, biasanya perdarahan pun sudah tidak terjadi. Kesuburan pun akan kembali normal sesegera mungkin. Salah satu tandanya ialah kembalinya siklus haid yang normal.

Selengkapnya mengenai jarak aman antara kehamilan dan keguguran dapat Anda baca di sini:

Agar bisa hamil, dibutuhkan sel sperma dan sel ovum yang sehat. Karena itu, baik pria dan wanita harus menjaga kondisi tubuhnya agar bisa menghasilkan sel sperma dan ovum yang baik. Berikut ini adalah kiat-kiat alami agar cepat hamil:

1. Tentukan masa subur Anda

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Bagaimana caranya untuk mengetahui waktu ovulasi Anda?

  • Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.
  • Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.

Apabila siklus haid Anda tidak teratur, lihat periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 3 bulan terakhir. Misalnya siklus terpanjang 35 hari dan siklus terpendek 21 hari. Hari 1 adalah hari pertama haid. Masa subur Anda berada di (21-18)/hari 3 hingga (35-11)/hari 24. Di antara hari ke-3 hingga ke-24 ini Anda memiliki peluang untuk hamil.

Apabila masa subur sulit diperkirakan, hubungan intim dianjurkan setiap 2 hingga 3 hari untuk meningkatkan peluang hamil.

2. Maksimumkan kesuburan Anda, dengan:

  • Berhubungan intim dengan teratur 2-3x/minggu
  • Berhubungan intim setiap hari di masa subur
  • Lakukan gaya hidup sehat dengan mempertahankan berat badan yang baik/ideal, berolahraga 3-4x/minggu, membatasi konsumsi kafein dan teh, dan mengelola stres
  • Sediakan waktu untuk konseling pra kehamilan dengan dokter kebidanan Anda, tujuannya  agar kesehatan Anda bisa dievaluasi secara menyeluruh dan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki/diantisipasi terkait dengan riwayat kesehatan Anda
  • Minum vitamin untuk kesehatan janin, terutama asam folat

3. Hindari hal-hal berikut ini:

  • Merokok, konsumsi alkohol, minum obat-obatan tanpa saran dokter
  • Exercise yang berlebihan

4. Tingkatkan kualitas sperma dengan:

  • Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang
  • Minum vitamin yang mengandung seng, kalsium, asam folat, vitamin C, D, dan E

5. Carilah waktu untuk berlibur bersama pasangan Anda agar tubuh dan pikiran rileks

Selengkapnya dapat Anda baca di sini: Cara Alami Agar Cepat Hamil.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar