Sukses

Cairan Pembersih Vagina, Amankah?

23 May 2017, 04:47 WIB
Pria, 19 tahun.

dok saya keputihan kadang kental seperti susu, kadang lendir. saya pake pembersih kewanitaan yang buat keputihan dengan Ph 3,5. merupakan suatu hal yang benar.. atau membahayakan dok

Terimakasih telah bertanya seputar pembersih vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Pemakaian cairan pembersih vagina secara rutin dan dalam jangka waktu lama tidak dianjurkan karena dapat mengganggu lingkungan alami vagina. Cairan pembersih vagina dapat mengganggu keseimbangan mikroorganisme yang ada pada vagina- bakteri 'jahat' vs flora normal/'baik'. Sebenarnya, bakteri 'jahat' terdapat di vagina, namun dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan flora normal. Namun bila keseimbangan lingkungan vagina terganggu, maka bakteri 'jahat' tersebut akan meningkat jumlahnya. Keadaan tersebut dapat memudahkan terjadinya infeksi.

Perlu diketahui bahwa vagina secara normal mengeluarkan lendir yang sering disebut keputihan. Keputihan yang wajar adalah yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak banyak. Namun, jika keputihan menjadi tidak wajar, yaitu berwarna (putih susu, kekuningan, atau bahkan hijau), tercium bau dan banyak mengeluarkan lendir, sebaiknya Anda mengkonsultasikan diri ke dokter umum atau spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mengetahui penyebab jelasnya.

Selengkapnya: Cara Mengatasi Keputihan.

Kami sertakan pula beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pembersih vagina. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar