Sukses

Batuk Pada Anak

22 May 2017, 15:49 WIB
Wanita, 25 tahun.

Sok sya punya ank usia 4th.stiap malam sblm tdr mesti batuk kdang saat bngun tdur pg hari. Batuk nya bisa sampai 3jm lebih. Kdang jg muntah sampai lwat hidung. Sya takut itu krna dlu waktu menyusu kan sya mengkonsumsi obat teosal sma satunya sya lupa. Apkh ada pengaruhnya atau tdk? Dan batuknya tu wajar atau tdk?

Terimakasih telah bertanya tentang batuk pada anak menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan batuk pada anak dan tatalaksananya berbeda, yaitu batuk alergi dan non-alergi. Sudah berapa lama batuk dialami oleh anak Anda? Apakah berulang? Sebagian besar batuk disebabkan oleh infeksi virus yang akan membaik dengan sendirinya dalam 2 - 3 hari. Pada dasarnya obat batuk tidak diperlukan bila batuk tidak mengganggu tidur. Sebaiknya berikan berikan anak minuman hangat dalam jumlah cukup yang akan membantu mengencerkan dahak. Berdasarkan rekomendasi AAP, pemberian madu juga dapat membantu mengurangi gejala. Bila memang dirasa sangat mengganggu, Anda dapat mencoba obat batuk yang mengandung zat pengencer dahak yang dijual bebas di apotek. Kami menyarankan Anda membawa anak ke dokter bila setelah 2 - 3 hari tidak ada perbaikan gejala atau terdapat tanda-tanda bahaya seperti sesak napas.

Demikian penjelasan tentang batuk pada anak yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar