Sukses

Benjolan Pada Kaki

16 May 2017, 19:55 WIB
Pria, 25 tahun.

Sore Dok, Saya ingin bertanya tentang benjolan di kaki. Benjolan ini keras dan immovable, berdiameter 1 cm dan menonjol 0,5 cm di permukaan kulit. Poisisinya di tulang kaki kiri bagian kanan bawah, 3-4 jari tangan di atas mata kaki. Benjolan ini hanya terasa sakit kalau ditekan. Selain itu, betis kiri saya juga sedikit lebih besar daripada yang kanan; tidak ada rasa sakit. Benjolan dan betis yg lebih besar ini sudah ada selama 10 tahun lebih. Sebelumnya benjolan ini lebih kecil dan tidak menonjol (benjolan ini tidak terlihat jika tidak diperhatikan dengan saksama). Akhir-akhir ini (2-3 x sehari) saya merasakan rasa sakit nyut-nyutan pada benjolan ini yang sebelumnya belum pernah terjadi. Rasa sakit yang paling parah yaitu kaki terasa sangat, sangat nyilu ketika terbentur/tertendang pada benjolan ini. Awalnya saya kira ini benjolan biasa yang menghilang jika saya pijat, tetapi benjolan ini tidak menghilang ataupun mengecil sehingga saya biarkan saja selama bertahun-tahun. Saya ingin tahu benjolan ini apa dok dan apakah mengkhawatirkan? Terima kasih dokter.

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan pada kaki melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai benjolan pada kaki pasti sangat mengganggu Anda.

Dalam dunia kedokteran segala benjolan disebut tumor. Tetapi tumor ada yang jinak dan ada yang ganas.

Benjolan pada kaki dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti lipoma, mata ikan, peradangan sendi, otot atau tulang, infeksi, bahkan keganasan.

Untuk menjawab pertanyaan Anda, diperlukan informasi lebih jauh mengenai masalah yang Anda alami seperti sejak kapan keluhan timbul, apa yang menyebabkan keluhan timbul dan apa yang mengurangi keluhan, ukuran, luasnya, bagian tubuh yang terkena dan daerah sekitarnya

Dari keluhan yang dipaparkan dan ditambah dengan pemeriksaan langsung maka dapat dilakukan pengobatan karena pengobatan harus sesuai dengan penyakit yang ada.

Kami sarankan anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang telah merawat anda, karena beliaulah yang mengerti kondisi anda sehingga penanganan yang dianjurkan lebih tepat.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai benjolan pada kaki. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar