Sukses

Kadar Bilirubin dan Terapi Sinar

16 May 2017, 19:50 WIB
Pria, 28 tahun.

Selamat sore. Saya mau tanya kalau kadar bilirubin pada bayi normal berapa ya? Kalau pada hari ke tiga kelahiran kadar bilirubin 14 apakah perlu foto terapi? Kalau perlu berapa jam fototerapi yang harus dilakukan?

Terima kasih telah bertanya tentang kadar bilirubin dan terapi sinar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai kadar bilirubin dan terapi sinar pasti sangat mengganggu Anda.

Pada bayi normal, kadar bilirubin umumnya akan meningkat mulai hari ke-2 dan mencapai puncaknya pada hari ke-5 atau ke-7. Selanjutnya, bilirubin akan menurun kembali kadarnya sampai hari ke-10. 

Bila bayi kuning atau ikterus ini bersifat fisiologis, kadar birilubin tersebut akan berkisar antara 5-7 mg, dan tidak melebihi 12 mg. Namun, jika kadar bilirubin ini mencapai 15 mg, perlu dilakukan penanganan khusus. Jika terlambat mendapat perawatan, bayi bisa mengalami kejang, cacat otak, bahkan meninggal dunia.

Dikarenakan kadar bilirubin bayi Anda tinggi, maka fototerapi (terapi sinar biru) perlu dilakukan. Sebaiknya Anda membawa anak Anda segera ke dokter anak. Karena kadar bilirubin yang tinggi dapat menyebabkan keracunan pada otak bayi, yang akhirnya dapat menyebabkan retardasi mental atau palsi serebral.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai kadar bilirubin dan terapi sinar. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar