Sukses

Sulit Kembali Tidur

16 May 2017, 19:47 WIB
Pria, 22 tahun.

saya ingin bertanya.. ada teman yang mengatakan dengan membuka mata sekitar 15-20 detik lebar-lebar bisa membuat kita sukar untuk kembali tertidur. apa ini benar dokter?? saya minta jurnalnya kalau memang benar

Terima kasih telah bertanya tentang sulit kembali tidur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai sulit kembali tidur pasti sangat mengganggu Anda.

Kesulitan untuk tidur dikategorikan mengalami insomnia apabila gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala-gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari), mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat atau sulit kembali tidur. Apabila masih berlangsung kurang dari 10 hari maka Anda dapat melakukan suatu relaksasi sebelum Anda tidur.

Selain itu, beberapa kiat untuk memudahkan Anda tidur, diantaranya adalah hindari minum kopi saat menjelang jam tidur, sebab kopi mengandung unsur kafein sehingga merangsang saraf untuk sulit tidur. Hindari makan terlalu kenyang atau terlalu sedikit. Aturlah lingkungan kamar tidur secara efektif dan efisien, termasuk lampu tidur yang memenuhi syarat. Sebab kondisi lingkungan tertentu, semisal suara bising, lampu sangat terang, akan mengganggu konsentrasi tidur. Apabila masih belum membantu juga maka konsultasikanlah masalah Anda ke dokter.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai sulit kembali tidur. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar