Sukses

Kulit Kering, Bolehkah dieksfoliasi ?

22 May 2017, 15:03 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya mau tanya, kalau kulit wajah kering mengelupas perih gitu boleh di exfoliasi pakai scrub berbahan dasar lemon ngga ya?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter di KlikDokter. com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya melakukan eksfoliasi (pengelupasan) kulit berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Namun demikian, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam melakukan eksfoliasi kulit. Melakukan pengelupasan kulit pada kondisi kulit kering justru mengakibatkan kulit semakin kering dan iritasi. Terkait dengan kondisi kulit kering yang Anda alami, anjuran kami adalah:

  1. Sewaktu mandi, hindari air yang terlalu panas Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan.
  2. Hindari mandi atau berendam terlalu lama. Mandi dan berendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda 5 - 10 menit saja.
  3. Gunakan pelembab sesudah mandi. Kulit yang lembab akan mengunci pelembab lebih lama dan lebih baik dibandingkan dengan kulit yang kering.
  4. Gunakan pakaian yang terbuat dari katun maupun serat alami lainnya. Pakaian dengan bahan wol ataupun serat sintetis akan mengiritasi kulit.
  5. Banyak minum air putih. Dengan meminum air putih, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kulit yang kering. Perbanyak konumsi air putih terutama jika Anda berada pada ruangan yang berpendingin.
  6. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 Asam lemak yang esensial akan membantu membentengi minyak alami kulit. Makanan - makanan yang mengandung omega 3: salmon, sarden, biji - bijian, walnut, minyak bunga matahari.
  7. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga Bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar