Sukses

Menentukan Masa Subur pada Haid Tidak Teratur

22 May 2017, 11:19 WIB
Wanita, 20 tahun.

Permisi, maaf dok mau tanya .. Bagaimana cara mengetahui masa subur wanita yang siklus haidnya tidak lancar? Makasih

Terima kasih telah bertanya mengenai masa subur pada haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir.

Untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

  • Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
  • Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. Karena itu coba fokuskan untuk berhubungan sekitar masa subur tersebut. Berhubungan seksual sehari setelah selesai haid kemungkinan tidak dapat menyebabkan kehamilan. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai masa subur pada haid tidak teratur . Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar