Sukses

Cara Menurunkan Berat Badan Cukupkah Dengan Diet ?

22 May 2017, 12:34 WIB
Wanita, 26 tahun.

Salam buat dokter. Saya mau bertanya bagaimana cara menurunkan berat badan saya. Sebenarnya awal berat saya naik 7 tahun lalu saya meminum jamu sehat badan dok. Dalam.wktu 1 bulan nafsu makan dan timbangan berat badan saya naik 3-4kg. Dulu saya mengalami eksim basah di bagian tangan. Jadi jamu itu juga mengobati eksim basah ditambah menambah nafsu makan dok. 1 bulan setengah saya minum alhasil eksim basah saya sembuh dan berat saya drastis naik dari berat 62kg smpai 68kg dok. Karena sudah sembuh saya menghentikan mengkonsumsinya lagi. tapi nafsu makan saya tidak kurang lagi dan tidur siang saya berlebih dari tidur siang normalnya dok. saya sudah mencoba berbagai cara tapi tidak ada hasilnya. Apa solusi nya dok. Mohon saran dari dokter. Sebelumnya saya ucapin terima kasih.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terimakasih telah bertanya seputar menurunkan berat badan melalui fitur Tanya Dokter.

Cara yang paling aman dan efektif untuk menurunkan berat badan adalah melalui olahraga dan perubahan pola makan atau diet. Sebelum dijelaskan lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Diet bukanlah semata-mata mengurangi porsi makan anda, atau tidak makan sama sekali, misalnya tidak makan pagi atau tidak makan malam. Melainkan diet adalah merubah pola makan anda dan mengubah apa yang anda makan. Berikut cara menurunkan berat badan :

  1. Olahraga Aerobik : Olahraga disini yang dimaksud adalah olahraga jenis aerobik, yaitu dimana olahraga yang menstimulasi jantung dan paru-paru anda untuk bekerja lebih. Contohnya adalah fitness, jogging, berenang, cross-fit, muaythai, sepeda,dll. Durasi olahraga yang disarankan adalah minimal 30 menit, dan minimal 2-3 kali dalam seminggu.
  2. Perubahan Pola Makan : jika sebelumnya anda makan sehari 3 kali, maka kali ini akan kita ubah, yaitu menjadi sebanyak 5-6 kali, namun dalam porsi kecil. Misalnya pukul 07.00 Sarapan (Wajib), 10.00 snack, 13.00 makan siang, pukul 16.00 snack, dan 19.00 makan malam. 

          Apabila sumber karbohidrat utama anda adalah nasi, anda bisa mencoba menggantinya dengan nasi merah, ubi,singkong, atau sereal gandum atau granola. Karbohidrat yang lebih kompleks akan lebih lama dicerna didalam tubuh sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama. Jumlah porsi sebaiknya kira-kira sebesar genggaman tangan anda. Hindari makanan cepat saji karena mengandung banyak kalori, gula dan garam. Hindari juga minuman bersoda, sirup, dan es krim. Cobalah melakukan saran ini selama 1 bulan terlebih dahulu, dan lihat hasilnya. Butuh kedisiplinan dan tekad untuk menurunkan berat badan , serta mendapatkan tubuh yang ideal.

Demikian informasi kami sampaikan seputar menurunkan berat badan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar