Sukses

Buang Air Kecil Kuning Pekat

19 May 2017, 15:57 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, kenapa warna urine saya tiba-tiba kuning pekat yah,,,hampir masuk ke warna coklat,,,sy takut,karena sekarang saya lagi program hamil,,, Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter mengenai BAK berwarna kuning pekat.

Sebelum berpikir pada penyebab yang lebih serius, sebaiknya Anda tanyakan diri Anda terlebih dahulu beberapa poin di bawah ini. Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan:

Berapa gelas air putih yang dikonsumsi dalam sehari. Karena air kemih yang berwarna kuning pekat dan berbau dapat disebabkan oleh kurangnya minum air putih dalam tubuh atau dengan kata lain tubuh mengalami dehidrasi. Kebiasaan Anda yang berkemih hanya 3 kali dalam sehari,kemungkinan juga dapat disebabkan karena kurangnya konsumsi air putih. Konsumsi air putih yang baik dalam sehari berkisar 2 L/hari.

Selain itu, apakah Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang diminum rutin.Tablet vitamin C yang diminum secara rutin dapat memberikan gambaran air kemih yang berwarna kuning.Sedangkan obat antibiotik dapat memberikan warna kuning yang pekat dan bau yang busuk.

Selain warna kemih kuning pekat dan bau busuk, apakah feses Anda berwarna pucat disertai dengan keluhan sakit perut dan mual? Jika disertai dengan warna feses yang seperti dempul, perlu dicurigai adanya gangguan pada fungsi hati.

Jika keluhan Anda juga disertai dengan keluhan perih saat berkemih ataupun rasa panas, dapat dicurigai adanya infeksi pada saluran kemih.

Sebaiknya konsumsilah air putih dalam jumlah yang cukup , berkisar 2 L/hari. Kemudian, jika ternyata keluhan menetap, segera hubungi dokter terdekat untuk pemeriksaan fisik ataupun laboratorium urin. Kami tidak dapat menentukan diagnosis tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung pada diri Anda.

Demikian, semoga informasi BAK berwarna kuning pekat ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar