Sukses

Tes VCT Negatif, Apa Perlu Diulang?

22 May 2017, 09:56 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo dokter Pada bulan februari 2017 tepatnya minggu ke 2 (tglnya lupa) saya melakukan perilaku beresiko menggunakan pengaman(kondom), dan pada tgl 8 mei 2017 saya melakukan tes vct dipuskesmas dan hasilnya NON REACTIVE. Yg saya tanyakan apakah hasil lab tersebut bisa dinyatakan FINAL? Karena kata dokter saya tdk perlu melakukan tes kembali. Terima kasih dokter

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai hasil tes VCT melalui fitur Tanya Dokter. 

Layanan Konseling dan Testing Sukarela atau VCT (Voluntary Counseling and Testing) adalah program pencegahan sekaligus jembatan untuk mengakses layanan manajemen kasus dan CST (perawatan, dukungan dan pengobatan bagi ODHA/orang dengan HIV-AIDS). Layanan VCT telah mencakup konseling pre tes, tes HIV dan konseling post tes. Kegiatan tes dan hasil tes pasien harus dijalankan atas dasar prisnsip kesukarelaan dan kerahasiaan. Layanan VCT ini dapat Anda temui pada puskesmas terdekat atau pada klinik yang mendukung program tersebut. Biasanya memang tidak ada biaya yang dikenakan, namun pada beberapa klinik ada juga yang harus bayar, walaupun biayanya tidak tinggi dan cukup terjangkau.

Pemeriksaan HIV yang digunakan di puskesmas ialah rapid test yang dapat memeriksa antibodi terhadap HIV.

Jika hasil tes positif, akan dikonfirmasi ulang hingga tiga kali. Namun jika tes negatif, dapat diulang 3 bulan kemudian, terlebih jika ada gejala yang mencurigakan, karena kemungkinan pasien sedang berada dalam periode jendela. Periode jendela adalah keadaan di mana sebenarnya seseorang sudah terjangkit HIV, tapi belum timbul antibodi dalam tubuhnya.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter secara langsung untuk evaluasi keluhan dan gejala yang terdapat pada diri Anda sebelum melakukan pemeriksaan laboratorium tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai hasil tes VCT, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar