Sukses

Penanganan Kanker Serviks

22 May 2017, 09:18 WIB
Wanita, 47 tahun.

Dokter misal KLO kita sdh divonis cancer servik 3A langkah apa yg hrs ditempuh selain operasi...Minum herbal.

Terima kasih telah bertanya tentang penanganan kanker serviks menggunakan layanan tanya dokter Klikdokter.

Kanker leher rahim/serviks adalah kanker yang terjadi pada area leher rahim yaitu bagian rahim yang menghubungkan rahim bagian atas dengan vagina. Usia rata-rata kejadian kanker leher rahim adalah 52 tahun, dan distribusi kasus mencapai puncak 2 kali pada usia 35-39 tahun dan 60 – 64 tahun.

Operasi dan terapi radiasi adalah 2 modalitas utama di dalam penanganan kanker leher rahim invasif. Pada umumnya, operasi terbatas pada pasien dengan stadium I dan IIA, sementara radiasi dapat dilakukan pada semua stadium dari penyakit. Kemoterapi merupakan penanganan pada pasien dengan stadium IVB atau mereka dengan kanker yang rekuren (sering kambuh) yang tidak dapat dilakukan terapi radiasi maupun operasi. Masing-masing stadium memiliki pilihan terapi utama yang dilakukan.

Langkah yang harus ditempuh untuk menangani kanker serviks sangat tergantung dari ukuran dan penyebaran kanker tersebut. Namun perlu diingat untuk kanker stadium lanjut, seperti IIIA perlu dilakukan langkah segera. Penanganan yang tidak tepat menyebabkan kanker semakin menyebar sehingga memperburuk keadaan. Obat herbal belum ada yang terbukti ampuh menangani kanker, sehingga berdasarkan keilmuan medis kami tidak dapat menyarankan anda melakukan pengobatan herbal. Berbagai langkah terapi beserta nilai plus dan minusnya dapat anda komunikasikan dengan dokter yang menangani anda, agar diskusi berjalan sesuai dengan keadaan anda saat ini. 

Untuk menambah wawasan anda silahkan membaca beberapa artikel kami:

Kanker Serviks, Kanker Mematikan pada Wanita

Kanker Leher Rahim atau Kanker Serviks

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar