Sukses

Tes Pemeriksaan HSG

22 May 2017, 09:48 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya mau tanya.. klo mau HSG sebaiknya di hari keberapa setelah haid ya dok ?? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang tes pemeriksaan HSG menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Hysterosalpingogram (HSG) merpakan pemeriksaan x-ray untuk mengevaluasi bagian dalam uterus (rahim), tuba falopi, dan daerah sekitarnya. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada wanita yang memiliki masalah sulit hamil atau gangguan kesuburan (infertilias). Pemeriksaan ini dapat melihat:

1. Sumbatan pada tuba falopi (saluran tuba). Wanita dengan riwayat infeksi pada saluran reproduksi (misal: penyakit menular seksual, keputihan, pelvic inflammatory disease) menyebabkan perlekatan tuba falopi sehingga dapat menghambat sperma bertemu dengan ovum (sel telur).
2. Menilai adakah kelainan pada uterus (rahim) seperti perlukaan, polip, firoid, perlekatan, benda asing, dll. Masalah-masalah tersebut juga bisa menyebabkan nyeri hebat saat menstruasi dan keguguran berulang.
Pemeriksaan ini biasanya dilakukan 2-5 hari pasca menstruasi untuk memastikan bahwa Anda tidak sedang hamil. Pasien akan disuntikkan cairan kontras ke dalam rahim, jika tidak ada masalah kontras bisa mengisi rongga rahim dan tuba falopi (tidak ada sumbatan).

 

Demikian informasi tentang tes pemeriksaan HSG yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar