Sukses

Terapi Kanker Payudara

22 May 2017, 07:08 WIB
Pria, 21 tahun.

Untuk mengetahui bahwa kita mengidap kanker/tumor payudara,kita hrs memeriksakan diri k dokter spesialis apa dok??? Dan apa yg harus dilakukan jika kita benar benar mengidap kanker/tumor payudara slain operasi pengangkatan tumor tersebut???

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Insidens kanker payudara pada dekade terakhir ini menunjukkan kecenderungan meningkat. Kanker ini jarang sekali ditemukan pada wanita di bawah usia 20 tahun. Angka tertinggi terdapat pada usia 45-66 tahun. Kanker payudara biasanya mengenai wanita berusia > 35 tahun.

Terapi untuk kanker payudara terbagi 2, kuratif (penyembuhan) dan paliatif (meningkatkan kualitas hidup). Terapi kuratif dilakukan apabila tumor terbatas di payudara dan tidak ada penyebaran ke kulit atau ke struktur sekitarnya. Tumor disebut operable atau dapat dioperasi (diangkat) jika dengan tindakan bedah maka semua tumor beserta penyebarannya ke kelenjar getah bening dapat diangkat. Terapi paliatif dilakukan apabila tidak ada lagi tindakan yang dapat diambil untuk menyembuhkan pasien.

Perlu anda ketahui bahwa pengobatan pada stadium dini (seperti yang saat ini anda miliki) memberikan harapan kesembuhan dan harapan hidup yang lebih baik.

Pengobatan kanker yang umumnya diberikan adalah :
Pembedahan atau operasi
Kemoterapi (dengan obat – obatan)
Radioterapi (menggunakan sinar radiasi).
Berdasarkan American Cancer Society, pada stadium I dan II pengobatan kuratif (penyembuhan) adalah operasi pengangkatan tumor, dalam hal ini adalah radikal mastektomi dengan atau tanpa radiasi dan kemoterapi. Yang dimaksud dengan radikal mastektomi adalah pengangkatan seluruh payudara yang terlibat tumor tersebut beserta dengan kelenjar getah bening yang terkena.

Bagaimana dengan Anda, apakah sudah diketahui stadium kanker?  Kanker payudara ditangani oleh dokter bedah onkologi. Sebaiknya memang jangan menunda-nunda penatalaksanaan kanker payudara ini karena penyebarannya sangat cepat. Apabila ditunda (contohnya anda menolak dan berobat ke alternatif), kebanyakan kasus yang kami dapat adalah pasien akan kembali lagi ke dokter namun dengan kanker payudara yang sudah menyebar dan tidak dapat lagi diterapi. Terapilah sedini mungkin kanker payudara ini untuk meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Salam,                                                     

0 Komentar

Belum ada komentar