Sukses

Dok, anak saya perempuan umur 4 bulan dgn BBL 3.2 kg dan sekarang

22 May 2017, 06:53 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, anak saya perempuan umur 4 bulan dgn BBL 3.2 kg dan sekarang beratnya 5 kg. Kenaikan BB per bulan hanya 400 gr. Apakah normal dok? Anak saya juga alergi susu sapi dan kacang2an. Apakah BB yg rendah bisa dipengaruhi oleh alerginya? Krn saya tidak pantang makanan. Saat ini anak saya full ASI. Apa saya perlu pantang makanan? Terimakasih dokter sebelumnya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda,

Banyak ibu khawatir pertambahan berat badan bayinya tidak sesuai dengan normalnya. Bagaimana yang seharusnya? Pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan.

Jadi apakah pertambahan berat badan bayi Anda normal? Untuk usia 4 bulan dimana seharusnya bertambah sekitar 500-600 gram/bulan makan pertambahan berat badan bayi Anda memang cenderung lebih sedikit. Namun variasi ini masih bisa normal dan dikejar pada usia berikutnya.

Untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus . Bayi kurus adalah yang saat lahir BB-nya rendah atau di bawah 2.500 gram. 

Apakah alergi akan mempengaruhi pertambahan berat badan bayi? Bisa saja. Apabila bayi Anda mengalami gejala alergi, seperti BAB berdarah misalnya. Adanya kelainan pada BAB menunjukkan adanya malabsorpsi atau kelainan penyerapan zat gizi. Bagaimana dengan bayi Anda? 

Ada beberapa bayi ASI yang menunjukkan gejala alergi melalui makanan yang dikonsumsi ibunya. Oleh sebab itu, apabila Anda dan suami memiliki gejala alergi, maka besar kemungkinan bayi Anda juga memiliki alergi. Ada baiknya menghindari makanan pencetus alergi seperti kacang, produk susu, dan seafood. 

Demikian jawaban yang dapat Kami sampaikan. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar