Sukses

Saya sudah hamil 2 bulan, tapi kok sudah 4 hari ini keluar flek

22 May 2017, 06:20 WIB
Pria, 36 tahun.

Dok saya mau tanya, saya sudah hamil 2 bulan, tapi kok sudah 4 hari ini keluar flek flek darah y dok. Sudah saya periksakan ke dokter spesialis kandungan dan di usg, hasil dari usg dan pernyataan dokter tersebut kandungan baik2 saja, hal seperti itu wajar kata dokter dok. Usg juga terlihat bagus hasilnya. Tapi saya khawatir dok, masih keluar flek flek darah. Itu tandanya apa dok, itu hal yg wajar apa ada indikasi keguguran dok. Saya takut. Mohon infonya. Terimakasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan kami,

Adanya flek coklat yang mirip dengan menstruasi diakibatkan adanya penempelan janin ke rahim. Biasanya flek ini hanya terjadi 1-2 hari. Namun pada kondisi lebih serius terdapat perdarahan pada kehamilan yang sering dikira menstruasi oleh pasien, yaitu suatu kondisi yang dinamakan abortus iminens.

Abortus imminens adalah terjadinya perdarahan dari rahim sebelum kehamilan mencapai usia 20 minggu, dimana janin masih berada di dalam rahim dan tanpa disertai pembukaan dari leher rahim. Apabila janin masih hidup maka kehamilan dapat dipertahankan, akan tetapi apabila janin mengalami kematian, maka dapat terjadi abortus spontan. Penentuan kehidupan janin dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG (Ultrasonografi) untuk melihat gerakan dan denyut jantung janin. Denyut jantung janin dapat juga didengarkan melalui alat Doppler atau Laennec apabila janin sudah mencapai usia 12 – 16 minggu. Tatalaksana yang dilakukan meliputi istirahat baring.

Untuk memastikan hal ini sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan di dokter spesialis kandungan untuk dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan. Apabila Anda sudah melakukan pemeriksaan ke dokter kebidanan dan dikatakan tidak masalah, maka kemungkinan yang terjadi adalah kemungkinan yang pertama, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar