Sukses

Diet yang Sehat

21 May 2017, 22:53 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok. Saya punya masalah dengan tinggi badan dan berat badan. Dan saya ingin sekali memperbaiki itu. Kira-kira, diet yg baik itu seperti apa untuk usia 16 thn disaat puasa?.

Terima kasih telah bertanya seputar diet dan olahraga melalui fitur Tanya Dokter.

Untuk laki-laki rata-rata pertumbuhan tinggi masih dapat terjadi hingga usia 21-25 tahun. Untuk wanita , karena bertumbuh lebih dahulu dibanding laki-laki, biasanya pertumbuhan tinggi masih dapat terjadi hingga usia 17-19 tahun. Untuk membentuk tubuh dan berat badan ideal, tidak cukup hanya dengan berolahraga dan diet selama 1 bulan. Diet sehat dan olahraga harus menjadi gaya hidup untuk tetap mempertahankan tubuh yang ideal.

Diet bukan berarti mengurangi porsi makanan, melainkan mengubah pola makan anda, dan mengubah apa yang anda makan. Makan sebanyak 5 kali sehari, namun dalam porsi yang kecil. 5 kali sehari terdiri dari 3 makan besar (pagi,siang,malam), dan diselingi dengan 2 snack diantaranya. Jangan lupa untuk selalu sarapan pada pagi hari. Sumber karbohidrat anda dapat diganti dengan makanan yang tinggi serat seperti nasih merah, ubi-ubi an (sangat disarankan), singkong, dan roti gandum.

Selain makanan, olahraga rutin sebaiknya dilakukan. Dalam seminggu, minimal 2-3 kali berolahraga dengan durasi minimal 30 menit. Olahraga yang melibatkan seluruh anggota badan seperti bela diri muay thai, boxing, basket, futsal, dan cross-fit sangat baik untuk membentuk tubuh yang ideal.


Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar diet dan olahraga, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar