Sukses

Pertanyaan - #162495

21 May 2017, 19:22 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya sering mengalami perubahan mood yang sering. Cukup mengganggu kehidupan saya dan orang lain. Apa yang harus lakukan?

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar perubahan mood melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Mood adalah kondisi perasaan yang terus ada yang mewarnai kehidupan psikologis kita. Perasaan sedih atau depresi bukanlah hal yang abnormal ketika mengalami peristiwa penuh tekanan. Bagaimana dengan Anda, adakah hal-hal yang memicu perubahan mood atau menjadi beban pikiran Anda sehari-hari?

Gangguan mood mencakup berbagai gangguan emosi yang membuat seseorang tidak dapat berfungsi- mulai dari kesedihan pada bentuk depresi hingga rasa senang yang tidak realistis dan iritabilitas pada bentuk mania. Gejalanya pun bisa beragam, salah satunya dapat berupa perubahan mood yang terjadi secara cepat dalam waktu singkat. Gangguan mood sendiri masih diklasifikasikan menjadi berbagai diagnosis (berdasarkan DSM IV) misalnya: gangguan bipolar, depresi, disritmik, dsb. Untuk menentukan diagnosisnya dibutuhkan wawancara serta pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Wajar atau tidaknya, tentu bergantung dari derajat keparahan gangguan tersebut, tipe gangguannya, dll.

Untuk mencegahnya tentu cobalah untuk menjaga mood Anda. Memang terdengar sulit, namun cobalah untuk menjaga mood Anda tetap baik dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi dan menghindari pikiran-pikiran negatif pada diri Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis psikiatri untuk evaluasi yang lebih tepat. Melakukan aktivitas seperti hobi juga dapat membantu agar kita tidak terlalu dipengarhi mood kita. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar gangguan mood. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar