Sukses

Penyebab BAB Pucat

21 May 2017, 16:49 WIB
Pria, 19 tahun.

Halo dokter, saya mau tanya terkait masalah buang air besar. Jadi kemarin saya habis camping di gunung dan makan mie instan seadanya untuk konsumsi semua tim. setelah saya sampai rumah, saya mengalami masalah buang air besar yaitu feses saya cair dan berwarna kuning pucat keputih-putihan. secara umum tidak ada keinginan untuk bolak-balik ke WC terus menerus. Bagaimana patofisiologinya dan terapi apa yg harus saya lakukan? terima kasih.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Warna buang air besar (BAB) yang putih atau pucat dapat mengindikasikan gangguan pada kandung empedu atau hati. Apakah ada gejala lain? Apa warna air kemih Anda? Apakah ada keluhan lain seperti:

Mata kuning
Demam
Nyeri perut
Penurunan berat badan
Berbagai gejala tersebut penting dicari tahu, karena dapat mengarahkan ke jenis penyakit yang berbeda. Misalkan jika BAB Anda berwarna pucat sampai berwarna seperti dempul, maka perlu dipikirkan sebuah sumbatan saluran empedu. Jika keluhan buang air kecil kuning pekat disertai demam, nyeri perut kanan atas, bisa jadi keluhan Anda disebabkan oleh gangguan hati atau saluran empedu.

Namun, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter terdekat terkait keluhan Anda. Untuk memastikan apakah warna BAB memang tidak normal, silakan tampung sedikit dari tinja Anda, memeriksakannya ke laboratorium (feses lengkap) atau membawanya langsung ke dokter.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar