Sukses

Manfaat Imunisasi TT

21 May 2017, 16:09 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter saya mau bertanya, apa akibatnya jika tidak melakukan imunisasi TT tidak secara teratur. Terimakasih dokter. Saya tunggu jawaban dari dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Tidak masalah jika terjadi keterlambatan dalam jadwal suntik TT. Namun, jika hanya dilakukan 1 kali suntikan, umumnya kekebalan tubuh yang terbentuk belum sempurna atau bahkan belum terbentuk sehingga tidak dapat melindungi Anda dari penyakit tetanus.

Untuk itu segeralah melakukan vaksinasi untuk mengejar ketertinggalan jadwal Anda.

Berdasarkan petunjuk BKKBN, imunisasi TT diberikan sebanyak 2 kali dengan jarak waktu antara imunisasi pertama dan kedua 4 minggu. Imunisasi ini diberikan sebelum usia kehamilan 8 bulan, dan suntikan pertama dapat diberikan sejak pertama kali diketahui kehamilan positif dan suntikan kedua 4 minggu kemudian. Imunisasi TT ini sebenarnya program pemerintah yang lebih diperuntukkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan atau luar kota yang akan melahirkan dengan dukun beranak atau bidan di rumah, karena ditakutkan alat yang dipergunakan untuk memotong tali pusat tidak steril. Jika Anda melahirkan dengan bantuan dokter yang berkompeten di sebuah rumah sakit atau tempat yang terpercaya, biasanya imunisasi TT perlu diberikan lagi.
Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar