Sukses

Penyebab Masuk Angin

21 May 2017, 15:42 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok...knp telat makan bisa menyebabkan masuk angin yah? Apakah masuk angin yang disebabkan telat makan juga mengganggu sistem organ lain? Tolong jelaskan secara biologisnya ya dok...terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai sering masuk angin pasti sangat mengganggu Anda.

Masuk angin sebenarnya tidak ada dalam istilah medis. Keluhan yang dikatakan sebagai masuk angin tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti infeksi virus, kondisi tubuh yang overexercise (olahraga berlebihan), maupun sindrom dispepsia atau gangguan pencernaan. Hal tersebut tergantung dari keluhan yang Anda kemukakan. Keluhan masuk angin sudah menjadi terminasi yang umum diutarakan oleh sebagian besar masyarakat kita.

Namun ternyata tidak semua orang memiliki pengertian yang sama jika mengatakan masuk angin. Ada yang mengutarakan masuk angin jika merasa perut kembung, mual, sering bersendawa, hingga menyebabkan muntah. Jika keluhan tersebut yang dirasakan oleh Anda, maka penjelasan medis yang dapat dipakai adalah sindrom dispepsia.

Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll.

Sedangkan untuk pengobatannya sangat tergantung dengan penyebab. Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala.

Namun jika gejala masuk angin Anda menetap dan memberat, segera periksakan kepada dokter umum setempat untuk pengobatan yang lebih tepat.

Berikut artikel untuk menambah informasi Anda.

Dispepsia
4 Tips Puasa Penderita Maag

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar