Sukses

Kurang Nafsu Makan Saat Hamil Muda

21 May 2017, 14:44 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya skrng sedang hamil muda uk 8w . Saya mengkonsumsi vitamin prolacta for mother dan juga prenatal , apakah obat yang saya konsumsi tersebut sudah cukup atau masih perlu ditambah lagi? Karena saya agak susah makan , setiap pagi & sore sering mual-mual. Jadi saya khawatir asupan gizi untuk calon baby kurang .

Terimakasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai kurang nafsu makan saat hamil. 

Hilangnya nafsu makan selama hamil merupakan hal yang normal, terutama pada bulan-bulan pertama. Seiring bertambahnya usia kehamilan, nafsu makan tersebut akan kembali. Namun, Ibu tetap harus mempertahankan asupan kalori yang cukup. Caranya adalah dengan makan dalan jumlah sedikit-sedikit namun frekuensinya ditambah (sering).

Jumlah kalori yang dibutuhkan adalah antara 2500 - 2700 dengan memakan berbagai macam makanan. Secara umum, pilih makanan yang mengandung serat seperti roti whole-grain, sereal, pasta, nasi, buah, dan sayur-sayuran. Jangan lupa minum susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Buah-buahan yang dianjurkan terutama yang mengandung vitamin C seperti jeruk, anggur, pepaya, atau sayur-sayuran seperti brokoli dan tomat. Apakah saat ini Ibu minum vitamin/suplemen kehamilan? Jika belum, konsultasikanlah kepada dokter Ibu.

Yang juga penting adalah memonitor perkembangan janin dengan secara teratur kontrol ke dokter. Perhatikan pula kenaikan berat badan Ibu. Pada umumnya, selama 9 bulan kenaikan berat badan adalah 11,5 - 16 kg, dengan kenaikan pada triwulan pertama 1,6 kg, sedangkan pada triwulan ke-dua dan tiga sekitar 0,5 kg per minggu.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

0 Komentar

Belum ada komentar